Jumat, 11 April 2008

Manfaat Mempelajari Agama

Mendalami agama dengan memahami arti kata demi kata dari al-Quran dan al-Hadis, apa saja manfaatnya?


  1. Mendapatkan pahala yang besar

  2. Menggugurkan (bisa melaksanakan) kewajiban.

  3. Mengesahkan amalan.

  4. Mengantisipasi terjadinya penyesalan yang berat di hari qiyamat.

  5. Bisa ikut berperan aktif secara konkrit dalam penyebaran ilmu dan memperoleh kebaikan.

  6. Mem-barokahkan pendengaran dan akal pemberian Alloh SWT.

  7. Menghargai keberadaan utusan Alloh (Rosul) yang menyampaikan keterangan.

  8. Kalau ditekuni bisa menjadi ulama dalam arti yang sebenarnya (pewaris ilmu Nabi )

  9. Menghindarkan murka Alloh dengan menghilangkan kebodohan (ketidaktahuan) terhadap ilmu agama.

  10. Bisa menjadi orang yang khusu’, takut (bertaqwa) kepada Alloh.

  11. Mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Alloh SWT.

  12. Tidak akan tersesat (bisa selamat)

  13. Dapat menjalani keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat.


Keterangan :


  1. Mendapatkan pahala yang besar


Dari Abu Dhar berkata, bersabda kepadaku Rosululloh SAW :” Wahai Aba Dhar, niscaya jika engkau pagi-pagi belajar satu ayat dari kitabillah (al-Qur’an) maka itu lebih baik bagimu (pahalanya) dari pada engkau mengerjakan solat seratus rokaat. Dan niscaya jika engkau pagi-pagi belajar satu bab dari ilmu (al-hadis) yang sudah diamalkan atau belum diamalkan, maka itu lebih baik bagimu dari pada engkau mengerjakan solat seribu rokaat” Riwayat Hadis Ibnu Majah Jus 1 hal.79.


Sungguh besar nilai kebaikan orang yang mau mendalami (mengaji) agama. Mempelajari satu ayat saja sudah lebih baik dari pada solat seratus rokaat, karena dalam mempelajari betul 2 berusaha sampai bisa faham baik cara membaca ayat, makna nya sampai keterangannya.

Sedangkan kalau mempelajari satu bab hadis akan lebih baik dari pada solat 1000 rokaat, subhanalloh. Gak terbayang jangankan seribu rokaat, sedangkan solat sunah seratus rokaat dalam waktu berterusan, wah berat tuh. Udah aja solat tarawih yang 11 rokaat tiap malam bulan Romadhon aja , ada yang bolong juga nih, tul gak, he..he.

Ternyata Alloh memberi iming–iming pahala bagi orang yang mau mendalami agama, karena dengan paham ilmu agama gambarannya sebagaimana memasuki pintu gerbang menuju lautan kebaikan yang begitu luas, kita bisa sepuasnya mengambil kebaikan tersebut dan tetap bisa hati-hati menyelamatkan diri dari berbagai ranjau yang terapung di permukaan lautan tersebut.

Urusan pahala dan dosa tentu sudah cukup memerikan motivasi bagi insan yang beriman kepada barang goib, termasuk adanya malaikat, surga dan neraka dsb.

Belum mengamalkan saja sudah diberi pahal besar, apalagi kalu sudah diamalkan, ini pertanda baik , karunia dan rohmat Alloh diberikan kepada orang yang mau, niat bersungguh-sungguh dalam mencari kebenaran di jalanNYA.


Bersambung……….

Tidak ada komentar: